Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik Tahun Ini

Laptop saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan orang-orang yang bekerja di kantor saja tapi juga pelajar, mahasiswa dan lain-lain. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan laptop mulai dari membuat laporan, mengunduh musik dan film, mengedit video hingga bermain game. Kemudahan yang ada pada laptop ini juga banyak salah satunya dapat dimana kemana saja dan kapasitas penyimpanan dari laptop juga sangat besar.

Tapi sayangnya, ada kalanya mungkin laptop Anda akan menjadi lemot dan performanya pun menurun. Ini tentu akan sangat mengganggu terutama jika Anda tengah bermain game saat itu. Game yang tengah dimainkan akan bermasalah jika laptop tersebut lemot. Kebanyakan dari pengguna laptop tentunya belum tahu penyebab laptop menjadi lemot. Selain itu, buat Anda yang saat ini ingin bermain game dari laptop, Anda harus tahu laptop gaming apa saja yang bagus untuk bermain game saat ini.

Penyebab Laptop Gaming Menjadi Lemot

Sebelum mempelajari cara mengatasi laptop gaming yang lemot, Anda tentu harus tahu dulu penyebab dari laptop lemot tersebut. Karena jika Anda sudah tahu penyebabnya, tidak butuh waktu lama untuk memperbaikinya nanti. Biasanya, laptop yang digunakan untuk bermain game jadi lemot lantaran harddisknya sudah penuh. Jadi Anda harus tahu bahwasanya sistem operasi membutuhkan kapasitas tersendiri buat temporary files, fragmentation, swap files dan lain-lain. Jika kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan tidak ada, tentu kinerja laptop Anda akan melambat.

Selain itu, lemahnya kinerja laptop juga dapat terjadi apabila kapasitas RAMnya kecil. Jadi apabila Anda membuka terlalu banyak aplikasi untuk waktu yang bersamaan, tentu saja RAM tersebut akan kekurangan penyimpanannya dan ini tentu berpengaruh terhadap performa laptop yang Anda gunakan. Jadi untuk dapat mengatasinya maka Anda bisa coba menambah lagi RAM laptop Anda. Terutama jika Anda ingin menggunakan laptop tersebut untuk bermain game. Anda bisa pastikan jika RAM yang ada di laptop akan cukup untuk mengunduh aplikasi game di laptop tersebut.

Jika kedua penyebab tadi ternyata bukan jawabannya, maka mungkin saja laptop Anda sudah terkena Malware atau virus. Biasanya virus ini akan masuk ke perangkat elektronik tidak hanya laptop saja. Virus ini bisa menjadi penyebab utama mengapa laptop Anda saat ini jadi lemot. Biasanya, virus ini terjadi saat Anda mengunduh file dari situs atau website yang tidak aman. Atau bisa juga karena ada orang yang menggunakan laptop Anda untuk melakukan transfer data. Apalagi jika aplikasi pengamanan di laptop Anda jarang diperbaharui ini tentu tak hanya membuat laptop jadi lambat tadi malware juga dapat masuk dan membuat laptop Anda jadi rusak.

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik Saat Ini

Jika laptop gaming Anda tetap saja lemot atau performanya menurun, maka Anda bisa membeli laptop gaming dengan spesifikasi tinggi tapi harganya tidak menyiksa kantong. Karena laptop keluaran terbaru biasanya memiliki spesifikasi dan sistem yang selalu di update sehingga membuat kegiatan bermain game terasa lebih menyenangkan. Berikut ini daftar laptop gaming terbaik sebagai rekomendasi Anda dalam memilih perangkat bermain nanti. Pastikan Anda juga sudah siapkan budget untuk membeli salah satu dari daftar laptop rekomendasi ini.

  1. Lenovo Legion Y740

Lenovo kini menghadirkan dua laptop gaming yakni Legion Y540 dan Legion Y740. Tapi banyak orang lebih tertarik dengan y740 lantaran spesifikasi tinggi yang ada pada laptop ini. Harganya juga tidak begitu mahal sehingga laptop ini semakin banyak peminatnya. Jika Anda ingin membeli laptop Legion Y740 untuk digunakan saat bermain game, maka Anda harus tahu dulu spesifikasi dari laptop ini. Y740 memiliki prosesor Intel Core i7-9750H sampai 4.50 GHz. Kemudian, laptop ini juga punya kapasitas penyimpanan RAM sebesar 16GB DDR4 8GBx2. Operating System yang digunakannya adalah windows 10 home. Sementara untuk harganya dari 24 juta hingga 29 juta rupiah.

  1. Asus ROG G703

Selain Lenovo, Asus juga mengeluarkan laptop gaming dengan mengusung teknologi terbaru. Salah satu teknologi yang menjadi andalan dari laptop ini adalah Anti Dust Cooling. Fitur ini digunakan untuk membersihkan debu dan juga partikel-partikel kecil yang biasanya ada di dalam mesin laptop. Anda juga tidak perlu khawatir jika terjadi lag ataupun crash pada saat bermain game sebab fitur tersebut juga berguna untuk mendinginkan mesin laptop.

  1. Allenware Area-51m

Dan terakhir ada Allenware Area-51m dimana laptop ini memiliki desain yang elegan dan minimalis. Ini menjadi daya tarik sehingga banyak orang ingin memiliki laptop gaming satu ini. Terdapat terobosan baru yang dibuat pada laptop ini dimana bobot Allenware Area-51m hanya 3,8 kg saja. Ini tentu lebih ringan jika dibandingkan dengan laptop gaming di kelas yang sama dengannya.