8 Manfaat Main Game Online yang Belum Diketahui

Jika kamu salah seorang yang hobi bermain game, mungkin kamu akan dicap sebagai orang yang pemalas dan suka membuang-buang waktu. Pandangan negatif untuk orang yang suka bermain game sepertinya tidak bisa dihindarkan. Apalagi game sering dikaitkan dengan isu yang tidak baik seperti kecanduan, sakit mata, lupa waktu untuk beristirahat, lupa belajar, lupa beribadah dan masih banyak lagi. Padahal jika kamu suka bermain game, ada baiknya kamu harus tahu manfaat yang akan kamu dapatkan dari bermain game. Karena meski banyak hal buruk mengenai game, tapi kamu tetap bisa kok mendapatkan segudang manfaatnya.

  1. Dapat menghilangkan stres

Sebagian orang biasanya bermain game karena game dapat menghibur serta menghilangkan stres. Karena pada dasarnya, bermain game membuat otak jadi lebih rileks. Jadi apabila kamu tengah penat atau lelah setelah menjalankan rutinitas yang sangat padat, kamu bisa coba bermain game.

  1. Melatih diri agar dapat bekerja sama dengan tim

Game tidak hanya dapat dimainkan sendiri karena saat ini ada game multiplayer dimana game ini mengharuskan kita untuk dapat bekerja sama dengan tim. Game dengan tipe ini adalah game yang bisa dimainkan banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Ada banyak sekali game sekarang ini yang membuat kita harus bisa bekerja sama dengan orang lain supaya dapat memenangkan pertandingan pada game tersebut. Jadi apabila dulunya kamu merupakan seorang yang individual, kamu bisa coba bermain game yang multiplayer ini supaya kamu bisa berinteraksi dan bekerja sama dengan tim.

  1. Melatih kemampuan berbahasa Inggris

Biasanya game online kebanyakan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya. Karena game sendiri memiliki latar belakang yang berbeda jadi keterangan yang dibuat menggunakan bahasa inggris agar dapat memudahkan orang-orang yang ingin bermain. Dengan bermain game yang bahasanya menggunakan bahasa inggris tentunya dapat melatih kemampuan berbahasa asing terutama bahasa inggris yang kamu miliki. Jadi meski game sendiri banyak negatifnya, tapi jika kita bisa mengambil hal-hal positif dari game ini mungkin akan jadi lebih baik nanti.

  1. Membuat kita jadi lebih sabar

Dengan bermain game, kita juga akan dituntut untuk lebih bersabar apalagi jika game yang dimainkan adalah game dengan tipe multiplayer seperti tadi. Karena tidak semua anggota tim memiliki cara main yang bagus. Kemungkinan ada 1 atau 2 anggota yang susah diajak bekerja sama. Terkadang ketika bermain game, jaringan bisa tiba-tiba hilang dan moment seperti ini tentu akan membuat kita emosi nanti. Karena itu, jadikan game ini sebagai alat untuk kita dapat melatih kesabaran diri. Jika sudah capek bermain,  berhenti saja dulu kemudian mainkan lagi di lain hari. Karena jika kamu terus bermain game tentu ini akan membuat kamu jadi lebih mudah marah nanti.

  1. Dapat menghasilkan uang

Siapa sangka game yang awalnya dibuat dengan tujuan untuk menghibur kini bisa digunakan untuk menghasilkan banyak uang. Caranya sangat gampang. Tinggal ikuti kompetisi game atau turnamen yang biasanya diadakan oleh game yang kamu mainkan. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menghasilkan banyak uang dengan membuat konten tentang game di youtube. Tapi game yang diulas tentu game yang benar-benar kamu mainkan supaya kamu akan mudah membuat kontennya/ Begitu juga jika ingin mengikuti kompetisi game. Pastikan gamenya yang memang benar-benar kamu sukai dan kamu kuasai karena jika kamu tidak mengerti cara main game, bukan keuntungan yang kamu dapatkan malah sebaliknya.

  1. Meningkatkan fokus

Kamu bisa lihat jika banyak pemain game yang begitu fokus pada saat bermain game. Bahkan, mereka dapat bertahan dalam waktu yang hingga berjam-jam. Ini tentu akan berpengaruh terhadap kemampuan fokusnya dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa game yang membutuhkan fokus para pemainnya seperti game PUBG atau game online yang lain. Jika pemain kehilangan fokus sedikit saja, bisa-bisa langsung kalah.

  1. Kinerja otak jadi meningkat

Bermain game tidak selamanya membawa petaka. Game ternyata memiliki manfaat yang sepertinya tidak diketahui banyak orang yakni meningkatkan kinerja otak. Karena pada saat bermain game, secara tidak langsung otak harus belajar memahami hal-hal baru. Misalnya saja di game, bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris. Awalnya kita akan pusing dengan bahasa yang digunakan. Tapi akhirnya, kita dipaksa untuk belajar kemudian mengerti arti-arti dari tulisan yang ada di game.

  1. Menambah teman

Dan terakhir, game juga bermanfaat untuk kamu yang ingin mendapatkan banyak teman baru. Karena yang bermain game online adalah orang-orang yang memiliki latar belakang dan daerah yang berbeda. Jadi teman game kamu tidak hanya berasal dari daerah bahkan bukan dari negara yang sama denganmu nanti. Kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk menambah teman sebanyak-banyaknya.