Mengenal Game Visual Novel Dan Rekomendasi Gamenya

Game Visual Novel

Beberapa orang mungkin masih cukup asing dengan istilah game visual novel. Hal tersebut bahkan diakui pula oleh orang-orang yang sebetulnya cukup Intens memainkan berbagai macam game. Hal tersebut wajar kiranya mengingat game visual novel merupakan salah satu game yang belum lama ini dikembangkan dan harus diakui perkembangannya dirasakan cukup lambat. Tetapi seiring berjalannya waktu, ternyata semakin banyak orang yang mengenal bahkan menyukai game tersebut karena dianggap dapat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh si pemain game itu sendiri.

Apa Itu Game Visual Novel

Game visual novel sendiri merupakan sebuah game yang memiliki suatu kisah tertentu dimana alur dari cerita dalam game yang dimaksud itu ditentukan sendiri oleh si pemain. Jadi ketika memainkan game satu ini para pemain akan diberikan keleluasaan untuk memilih berbagai macam pilihan alur cerita yang ditawarkan, sehingga akhir dari game yang yang dialami bisa berbeda antara seorang pemain dengan pemain lainnya. Akhir game biasanya berakhir bahagia, ceria, sedih, menggantung dan lain sebagainya benar-benar tergantung dari pilihan yang dipilih oleh si pemain.

Munculnya game visual novel disinyalir adalah bentuk akomodasi terhadap orang-orang yang menyukai game dengan storyline yang panjang dan kompleks. Tentu sudah bukan rahasia lagi jika banyak pemain game yang mengeluhkan tentang cerita atau alur game yang begitu monoton sehingga membosankan. Itulah sebabnya ada pengembang yang berusaha memberikan keleluasaan kepada para player game mereka untuk menentukan sendiri jalan cerita game yang dimainkan.

Sebetulnya konsep serupa dengan game visual novel yang sekarang ada ini sudah sejak lama eksis. Tetapi aplikasinya tidak se-intensif sekarang, dalam artian pilihan yang yang diberikan kepada pemain masih amat sangat terbatas dan hanya pada momen-momen tertentu saja. Berbeda dengan game visual novel yang sekarang berkembang dimana hampir keseluruhan alur cerita betul-betul sepenuhnya ditentukan oleh pemain.

Memang masih harus diakui ada beberapa kelemahan dari game visual novel dalam membuat cerita yang seolah menyesuaikan harapan pemainnya. Kelemahan yang paling utama jelas memperkirakan harapan dari para pemain game tersebut yang tentu saja akan amat sangat beragam mengingat player game di seluruh dunia ada jutaan jumlahnya. Sehingga solusi untuk masalah itu baru dapat berupa memberikan pilihan alur cerita dengan jalan cerita yang masih cukup umum.

Meski tetap memiliki kelemahan yang cukup krusial seperti disebutkan tadi, tetapi minat player game untuk memainkan game yang satu ini masih terbilang tinggi. Mungkin karena banyak yang ingin mencoba hal baru, tetapi mungkin juga karena memang game visual novel betul-betul merupakan game yang mereka nantikan. Setidaknya sampai sejauh ini para pemain game visual novel masih cukup terpuaskan dengan game yang ada.

Rekomendasi Game Visual Novel Populer

Bagi Pembaca sekalian yang penasaran bagaimana rasanya memainkan game yang alur ceritanya ditentukan oleh diri sendiri, berikut ini akan disampaikan beberapa rekomendasi judul game visual novel yang cukup populer. Bahkan bisa dikatakan judul-judul yang akan disebutkan nantinya merupakan salah satu perintis popularitas dari game visual novel itu sendiri. Adapun judul-judul game yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

  1. A Tavern for Tea

Game yang satu ini cerita dasarnya adalah tentang orang-orang yang mengunjungi suatu kedai teh guna menikmati secangkir teh yang disediakan oleh kedai teh itu. Game ini terbilang sangat populer karena bukan hanya menyajikan opsi cerita yang begitu beragam, tetapi juga dipadukan dengan kegiatan simulasi yakni membuat teh.

  1. A Hero and A Garden

Pengembang dari game yang satu ini sama dengan pengembang dari game pada poin pertama diatas. Itulah sebabnya tampilannya bisa dikatakan cenderung mirip. Meski demikian, cerita dasarnya jelas berbeda karena pada game yang satu ini simulasi yang dipadukan adalah simulasi berkebun.

  1. Magical Witch Bell

Berbeda dengan kedua game sebelumnya yang memadukan dengan unsur game simulasi, pada game ini hal tersebut sama sekali tidak akan ditemui. Pasalnya game ini murni merupakan game visual novel yang menawarkan berbagai pilihan alur cerita tentang seorang manusia dengan seorang penyihir.

  1. Lilac and Her Light

Judul game terakhir dalam daftar kali ini adalah game yang dianggap paling memiliki makna positif di dalamnya. Pasalnya beragam opsi alur cerita yang ditawarkan memiliki pesan tersirat tersendiri yang dapat dimaknai positif bagi siapa saja yang memainkannya. Itulah sebabnya dalam setiap rekomendasi game bermakna, game satu ini hampir pasti selalu ada.

Pembahasan mengenai game visual novel tentu tidak akan pernah ada habis-habisnya, karena selain game ini masih terbilang baru juga karena rasa penasaran terhadapnya masih begitu tinggi. Tetapi kiranya saat ini yang bisa kita lakukan hanya menikmati berbagai judul game visual novel baru yang rilis di pasaran sambil melihat bagaimana perkembangan kedepannya.